Nana Willems “Berkarir Pantang Menyerah”

Nana Willems

Slide Heading
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Click Here
Previous
Next

Seoarang pemain saxophone dan Composer, kiprah nya di dunia musik sejak tahun 2003, dan pernah juga berkarir didunia Acting dan modeling sejak tahun 1999. Sudah tidak diragukan lagi. Bernyanyi dan sebagai saxophone player wanita dalam Genre music jazz. Sudah mengeluarkan 4 Album. Album pertama “Be+Positive” rilis tahun 2009.

Nana sapaan akrab nya, adalah seoarang yang pantang menyerah hingga kini Hijrah ke Belanda. Saat ini juga memproduksi single yang berjudul “One and a half meters tahun 2020. ini bisa di dengar di beberapa musik platform seperti Spotify, Apple.

Inter View Jarak Jauh Dengan Nana Willems

Hai Nana Gimana Perjalanan Karir Kamu Selama ini?…
Haii Tujuhbintang… Perjalanan karirku semakin penuh tantangan, terutama di masa-masa corona season ini, tapi aku pantang menyerah tentunya.. tetap bermusik selama aku masih bernafas..
Ceritakan Pengalaman Selama Bermusik…
Waah.. pengalamannya puanjaang ada suka-duka dan penuh perjuangan…
Aku mulai fokus bermusik (mencipta lagu dan menyanyi) sejak tahun 2003, kemudian memutuskan berprofesi sebagai penyanyi professional di Indonesia sejak tahun 2007, dan akhirnya mulai merantau bermusik di Asia (Taiwan, China, Malaysia, dsb) sejak tahun 2011, aku menamakan project merantau-ku dengan nama “Nana Go-Asia” (2011-2018) , akhirnya Puji Tuhan sekarang aku mulai merantau lebih jauh lagi di Eropa (Belanda).

Kenapa Pilih Saxophone?
Karena baik dari bentuk dan suaranya sexy…
Menurutku saxophone alat musik yang bentuknya sangat artistik, memainkan alat musiknya juga ngga mudah dan memerlukan kesabaran saat mulai meniupnya sampai menghasilkan bunyi yang enak di dengar, jadi aku pilih saxophone sebagai alat musik yang aku bawa saat aku tampil di atas panggung karna belum banyak penyanyi wanita yang tampil sambil bermain saxophone di atas panggung, walau sebenarnya aku kadang juga masih memainkan gitar akustik juga di waktu tertentu.
Kenapa Pernah tertarik juga di dunia Akting dan Modeling…
Awal aku mengenal dunia entertainment sekitar tahun 1999, aku memang sudah berminat untuk belajar akting dan modeling, sempat juga shooting di beberapa sinetron di Indonesia dan rajin banget ikutan casting, tapi sejak tahun 2007 aku lebih banyak diundang untuk tampil menyanyi di berbagai acara, akhirnya aku jadi lebih eksis di dunia musik, tapi menurutku musik, akting dan modeling saling berkaitan, sama-sama termasuk dunia entertainment.

Album / Single yang pernah di keluarkan ada berapa?
Sampai saat ini ada 4 album
Album indie pertamaku berjudul “Be+Positive” rilis tahun 2009.
Album kedua “Koes Plus in Bossanova” produksi BRAVO Music tahun 2010.Album ketiga kompilasi music Jazz dengan aransemen musik dari Om Idang Rasjidi berjudul “Women in Love” tahun 2011.
Album ke empat aku kembali memproduksi musik indie ku berjudul “Positivity” tahun 2014.
 Dan yang terbaru, aku memproduksi Single yang berjudul “One and a half meters” tahun 2020.
Single lagu ciptaan ku ini bisa di dengar di beberapa musik platform seperti Spotify, Apple music, dsb. Lagu ini berhubungan dengan keadaan pandemi COVID19 yang sedang kita hadapi saat ini, kita harus tetap “stay safe” dengan menjaga jarak 1,5 Meter dengan orang-orang di sekitar kita.

Yang Paling berkesan perform dimana? Kenapa..
Yang paling berkesan menurutku saat aku di kontrak ekslusif oleh musik agensi ku di Taiwan, selama beberapa tahun kemarin jadwal kegiatan manggung-ku benar-benar padat, dari tampil regular di beberapa hotel bintang lima di Taipei, sampai tampil di banyak acara di berbagai kota di Taiwan, dan aku banyak belajar dari manajemen artisku, terutama belajar disiplin waktu dan belajar menjadi musisi yang lebih baik lagi bukan hanya dalam bermusik, tapi semakin baik dalam bersikap “attitude means gratitude”. Bagiku itu merupakan pengalaman berharga yang bisa dipakai untuk kehidupan bermusikku di masa yang akan datang.

Pengalaman pertamakali perform.. Dimana?
Pertama kali aku perform di Bali, aku ngga akan pernah lupa, pada saat itu bulan Agustus tahun 2003, aku pertama kali manggung dengan lagu ciptaanku sendiri di acara “Ulang tahun Nusa Dua bali yang ke-7”, dan pertama kalinya aku menyanyi diliput di acara TV (stasuin TV lokal Bali), aku merasakan apresiasi dari penonton yang sangat positif di belakang panggung saat aku selesai tampil, mereka bilang bahwa mereka suka dengan penampilanku, dan sejak saat itu aku memutuskan untuk lebih giat lagi bernyanyi dan memproduksi lagu-lagu ciptaanku.

Oya Ceritakan gimana Nana di belanda.. apakah masih berkarir di musik?
Masih bermusik tentunya…
Bagiku merantau ke Belanda merupakan keputusanku yang paling nekad, karena aku harus memulai lagi karir bermusikku dari nol di Eropa. Aku harus membangun koneksi lagi dari awal dengan para musisi yang ada di Belanda dan sekitarnya. Saat ini aku sedang membuat music duo dengan gitaris asal Belanda. Nama music duo-nya “Nana and Tim”. Tadinya kami sudah ada beberapa rencana untuk jadwal tampil di kota Nijmegen dan Ravenstein untuk launching single kami di bulan Oktober 2020 kemarin, tapi berhubung di Belanda kembali lockdown, jadi terpaksa harus tertunda rencana performnya. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir, yang pasti tetap semangat dan pantang menyerah, itu merupakan salah satu motto hidupku.. “never give up”.

Hal yang Paling disukai?… hal yang paling tidak disukai?..
Hal yang paling aku suka yaitu quality time sama kucing kesayangan aku.. Aku memang sayang sama kucing-kucing aku, di Belanda ada satu ekor, dan di Jakarta ada tiga ekor, semuanya dari hasil “rescue”, dan akhirnya mereka jadi seperti anak-anakku sendiri..
Aku paling tidak suka dengan kondisi serba terbatas seperti sekarang ini, kita sudah tidak bisa bebas berjabat tangan dan berpelukan seperti dulu.. kita sudah ngga bisa nonton konser musik beramai-ramai atau berwisata ke luar negri dengan bebas.

Pemain Saxophone Favorite: Michael Paulo

Birth Name : Ratna Sari Juwita
Born : Jakarta, 29 Januari1985
Origin : Indonesia


Occupation: singer, songwriter

Photo Doc Nana Willems

Nana Willems Reverbnation

Share

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *