Dodit Bass… Hijrah ke Jakarta jadi Teknisi Instrument

dodit 4
dodit 3

Perjalan karir sebagai musisi tidaklah mudah, dari panggung kepanggung sebagai session player yang mempunyai banyak pengalaman di industry musik Indonesia, berkolaborasi juga dengan Musisi Tanah Air.. Yuk simak Perjalanan Karir Dodit.

Haloo Dodit Gimana Perjalanan Karir Kamu…

Mulai lebih serius ketika memutuskan pindah ke Jakarta setelah lulus kuliah sekitar tahun 2008 awal. Sampai detik ini masih full time musician. Alhamdullilah masih bisa berjalan walaupun di tengah pandemi seperti ini. Berdoa supaya pandemi cepat berlalu sehingga orang2 yang bergerak di industri hiburan bisa bangkit kembali.

Perjalanan Selama Bermusik…

Perjalanan bermusik selalu berkembang dan mendapat kejutan-kejutan baru di tengah jalan. Kebetulan awal saya pindah ke Jakarta juga tidak langsung mulus mendapatkan apa yang saya impi2an untuk jadi pemain bass professional, saya mengawali dari menjadi teknisi bass band2 yang sudah besar pada saat itu. Saya mencari kenalan dan link baru sembari menambah ilmu tentang industri dunia hiburan yang ingin saya tekuni. Di saat yang sama, saya juga menambah ilmu dengan mengikuti kursus bass dan juga sekolah Audio. Seiring berjalannya waktu dan konsistensi saya dalam menekuni dunia musik, satu persatu mulai ada yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengisi bass untuk solois2 maupun band di recording session sampai akhirnya ke live session hingga saat ini.

Kenapa Pilih Alat Musik Bass Gitar..

Jawabannya cukup standar, karena saya awalnya belajar gitar dan pada saat tiba waktunya ngeband awal2 (pada saat itu sekitar SMP) posisi gitar sudah terisi dan yang kosong cuma pemian bass. Jadi saya mencoba mengambil kesempatan itu. Awalnya agak underestimate instrument bass karena “kurang populer dan keren” pada waktu itu, ternyata pas mulai serius belajar bass lama2 jatuh cinta sama instrument ini dan tidak pernah menyesal memilih instrument bass sebagai senjata utama bermusik saat ini.

Pernah Mengeluarkan Album atau Single..

Selain sebagai session player untuk beberapa artis, saya juga punya sebuah proyek musik saya sendiri dan masih aktif juga sampai saat ini. Saya tergabung di band RAKSASA (bersama pepeng NAIF, Adrian Adioetomo, Iman Fattah dan Adi Cumi) yang sudah merilis 1 album dan akan merilis album kedua yang rencananya rilis di tahun ini, tapi karena pandemi jadi mungkin akan dijadwalkan lagi. Yang kedua adalah proyek music “idealis” saya bernama PRIMATA yang bergenre rock instrumental, sudah merilis 1 album dan 2 single. Terakhir ada proyek musik minimalis bernama SERUANG, disini saya bermain gitar akustik dan baru merilis 1 single.

Selain Bass Bitar Alat Musik Yang Dikuasai…

Sudah pasti gitar… keyboard bisa dikit2 aja untuk keperluan produksi usic.

Pernah Kolabarasi dengan Musisi Indonesia?… Siapa Saja..

Karena profesi saya sebagai session player, bias dikatakan cukup sering berkolaborasi usica musisi2 lain. Pernah sebagai pengiring artis2 AFI, Indonesian Idol dan yang paling berkesan adalah usic saya dipercaya untuk menggantikan bassist DRIVE yang sedang berhalangan pada saat itu, dari sinilah yang kemudian berkembang kemana2. Yang sampai sekarang sedang berjalan adalah saya ikut di tim musiknya Sal Priadi.

Main Bass Gitar Sejak Kapan?….

Sekitar kelas 2 SMP, belajar secara otodidak sampai pas pindah ke Jakarta memutuskan untuk belajar lagi lebih serius dan professional usica mas Adi Darmawan.

Adakah skill  tertetntu sebagai seorang Bass Player?…

Ga ada skill spesifik, karena saya adalah session player saya hanya berusaha bisa memainkan usic all genre aja.

Genre Musik..

Pada dasarnya suka usic Rock. Karena dari kecil sudah diperdengarkan oleh orang tua juga kakak saya dengen genre ini.

Basis Favorite… Band Favorite

Bassist Favorit lumayan banyak.. yang dari luar ada Ben Kenney dari INCUBUS, Dave La Rue, Mike Porcaro dari TOTO, Nathan East, yang dari Indo suka Thomas Ramdhan dari GIGI, Adi Darmawan, Indro Hardjodikoro. Tapi kalo bassist yang paling berpengaruh dalam hidup adalah John Myung dari Dream Theater, karena setelah melihat John Myung, baru merasakan ternyata bass adalah instrument yang “sekeren itu”.

Band favorit dari dulu yang instrumental. Sekarang lagi suka MOGWAI, Russian Circles, Echoes and Signal dll.

Project Musik Yang Sedang di Kerjakan…

Sebagai bassist sedang berjalan bersama Tim musik Sal Priadi dan lainnya, sebagai sound engineer sedang merampungkan produksi dari album solo “Dikta (Yovie n Nuno) dan juga album solo Pepeng drummer NAIF yang bernama FNF (Frank n Friends)”

Selama Pandemic ada nggak Pengaruh nya dengan Profesi Sebagai Pemain Musik..

Sangat besar pengaruhnya, yang jelas jumlah panggungan berkurang drastis. Tapi mau ga mau tetep harus bisa survive.

Karakter sound yang disukai…

Suka suara bass yang berbalut dengan Drive tipis2
Selama perform ada ngga

Fashion Kusus Untuk Perform
Yang nyaman aja, disesuaikan dengan kebutuhan panggung

Birth Name : Adhitomo Kusumo
Born : Bandung 25 April 1986
Origin : Malang
Occupation : Professional musician & Audio engineer

Share

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *